Langsung ke konten utama

Banyak Jalan Menuju Langsing

KEGEMUKAN diidentikkan dengan problem penampilan. Namun tidak sekadar itu, kegemukan juga terbukti mengundang berbagai penyakit. Terlebih bila kegemukan mencapai taraf obesitas (lihat tabel).
“Pertama, kegemukan membuat sensitivitas sel tubuh terhadap hormon insulin sehingga rentan terkena diabetes,” ujar Pakar Pelangsingan Badan dr Paidon L Toruan kepada Media Indonesia di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Selain itu, lanjut Paidon, kegemukan membuat pembuluh darah lebih mudah tersumbat sehingga rentan terhadap penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, jantung, dan stroke. Yang mungkin merisaukan kaum perempuan, selain tubuh menjadi tidak indah, kegemukan ternyata juga membuat kulit menjadi kusam.
“Lemak di bawah kulit menjadi tempat berkumpulnya toksin sehingga kulit terlihat tua dan tidak cerah,” tutur dokter yang juga pengarang buku berjudul Fat loss, Not Weight Loss: Gemuk Tapi Langsing itu.
Karena itulah banyak pihak berusaha memerangi kegemukan, baik dengan tujuan menjaga kesehatan maupun penampilan. Hal itu antara lain terlihat dari maraknya penawaran produk dan program terapi pelangsingan badan di pasaran. Efektifkah semua itu?

Menurut Paidon, produk-produk maupun ragam terapi pelangsingan badan yang ada di pasaran memiliki nilai plus minus tersendiri. Sebagai contoh, metode sedot lemak. Metode itu memang efektif untuk menghilangkan lemak di bawah kulit sehingga mampu memperbaiki penampilan. Namun, metode itu tidak dapat menghilangkan lemak yang terletak di dalam rongga tubuh (lemak visceral).
Perlu diketahui, pada kegemukan yang mencapai tahap overweight atau obesitas lemak menumpuk tidak hanya di lapisan bawah kulit atau otot, melainkan juga menumpuk di rongga-rongga tubuh seperti rongga perut dalam bentuk lemak visceral. Dari sisi kesehatan kondisi tersebut sangat berbahaya.
“Selain itu, biaya sedot lemak relatif cukup mahal,” kata Paidon.
Ada pula metode gastric banding atau mengikat lambung melalui suatu tindakan operasi. Tujuannya agar volume lambung menjadi lebih kecil. Cara tersebut sangat membantu, terutama bagi mereka yang memiliki nafsu makan besar. Akan tetapi, metode itu juga tidak mampu menghilangkan lemak visceral. “Metode ini juga bukannya tanpa risiko saat operasi,” imbuh Paidon.
Metode akupunktur juga banyak ditawarkan untuk melangsingkan badan. Paidon Mengatakan, metode tersebut efektif untuk mengurangi nafsu makan. Namun, efek tersebut bersifat sementara. Ketika terapi akupunktur dihentikan, nafsu makan cenderung kembali seperti sediakala.
Bagaimana dengan obat dan jamu-jamu pelangsing? Untuk produk-produk tersebut Paidon menyarankan agar masyarakat pandai-pandai memilah. Sebab, ada produk obat dan jamu pelangsing yang sengaja dicampur dengan zat diuretik. Zat tersebut memancing pemakainya untuk sering-sering buang air kecil sehingga seolah berat badan turun. Namun, zat tersebut berpotensi mengganggu fungsi ginjal.
“Ada pula jamu yang dibuat untuk menahan nafsu makan. Namun, sama seperti akupunktur efeknya akan hilang ketika pemakaian dihentikan,” kata Paidon.
Jadi, terapi manakah yang terbaik?. Menurut Paidon, problem kegemukan hanya bisa diatasi dengan diet dan olahraga secara benar. Sebab, kegemukan timbul ketika kalori yang masuk berlebihan sehingga menumpuk dalam bentuk lemak. Diet mencegah penumpukan lemak bertambah parah. Olahraga bermanfaat membakar lemak yang menumpuk di badan. (Nik/S-6)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Harga Sewa Artis Indonesia

Kali ini ane mau bagi bagi informasi seputar artis, bingung juga mau ditaruh di kategori apa nih postingan. Soalnya sebelumnya lom pernah posting tentang artis.. hehehhee... Langsung aja nih... pasti temen temen semua udah sering banget menebak nebak berapa harga sewa artis di Indonesia... Daripada temen temen pada main tebak gak jelas... nih ane bagi bagi informasi Daftar Harga Sewa Artis Indonesia . Tapi nih sumber dari tahun 2010 lho...  hehehe... KATEGORI GROUP BAND Ungu : 400-500 Jt/ show (wah,lumayan nekad tuh,tapi penggemarnya banyak,okelah,pantes!) Peterpan : 350 Jt/ show (lagu-lagunya emank bagus sih,.) Nidji : 250 Jt/ show (salah satu pendatang baru yang sukses.baru beberapa taun,maksudnya..) Samsons : 90-100 Jt/ show (kayaknya udah mulai menurun nih..) Letto : 80-90 Jt/ show (sama ama samsons,saya sendiri sekarang jarang ngeliat letto..) Kangen Band : 75-80 Jt/ show The Rock : 70-75 Jt/ show (bagus sih,tapi sayangnya,kurang rock..gak sesuai ama namanya tuh

Causes, Symptoms & Treatment Disease Hemorrhoids / Haemorrhoid / Haemorrhoids - Anus On Human Disturbance

A. Meaning Definition Definition of Hemorrhoids / Haemorrhoid / Haemorrhoids Hemorrhoids is a disease that occurs in the anus where her lips had swollen anus that sometimes accompanied by bleeding. Haemorrhoid disease does not only give pain to the sufferer, but also provide a sense of self-conscious and embarrassed because of hemorrhoid disease. In patients with hemorrhoids are generally difficult to sit and defecate because it feels pain when the mouth rectum or anus sphinchter pressure. In patients with severe hemorrhoids are sometimes difficult to treat so that action can be given a surgical removal of hemorrhoids which can give side effects that are sometimes not good. Hence hemorrhoids should be aware and be well handled so easily cured. Do not ignore and underestimate the disease you suffered because of hemorrhoids that you can be made to suffer for life by hemorrhoids that are not addressed properly until the roots. Congratulations to read articles from organisasi.org hemorrhoi

SISTEM PEMUNGUTAN PAJAK

Pada dasarnya terdapat 3 ( tiga ) cara / system yang dipergunakan untuk menentukan siapa yang menghitung dan menetapkan jumlah pajak yang terutang oleh seseorang, yaitu : 1.      Official Assesment System Official Assesment System yaitu system pemungutan pajak yang menyatakan bahwa jumlah pajak yang terutang oleh wajib pajak dihitung dan ditetapkan oleh aparat pajak atau fiskus. Dalam system ini utang pajak timbul bila telah ada ketetapan pajak dari fiskus ( sesuai dengan ajaran formil tentang timbulnya utang pajak ). Jadi dalam hal ini wajib pajak bersifat pasif.