Langsung ke konten utama

Pengobatan Ankylosing Spondylitis

Pengobatan Medis :

Sesegeralah memulai pengobatan bila kita mendapati gejala-gejala yang mengarah pada arthritis.- Kenalilah tanda-tanda bahwa kita terkena arthritis, bila rasa nyeri, kaku, pegal linu tak hilang bahkan semakin menjadi dalam jangka waktu lama tanpa treatment, ini sudah merupakan sinyal-sinyal peringatan.
- Periksakanlah diri ke dokter umum untuk memastikan bahwa diri kita memang terkena arthritis. Mintalah cek urine-darah/lab. Dan mintalah surat pengantar ke dokter internis-rematologis untuk meneruskan pengobatan pada ahlinya setelah terbukti kita mengidap arthritis.
- Bila diperlukan kita dapat menerima bedah ortopedik untuk memperbaiki otot, tendon, ligament dan tulang serta sendi yang perlu diperbaiki.


- Fisioterapi khusus untuk mencegah memburuknya fungsi persendian dan untuk rehabilitasi.
Yang perlu digaris bawahi di sini adalah, arthritis tidak dapat disembuhkan total, tetapi dapat dikontrol agar kerusakan yang terjadi menjadi lebih lamban, dan sakit yang ditimbulkan agar dapat diatasi. Oleh karena itu, mereka yang terkena arthritis diharapkan mengenali/mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai penyakit ini, mempersiapkan diri secara mental dan fisik serta lingkungan untuk dapat mempunyai kesabaran dan ketangguhan menghadapi rasa sakit dan stress akibat penyakit yang akan berada dalam tubuh selamanya dan perlu penanganan seumur hidup.
Pengobatanpun sangat bervariasi dari orang per-orang. Karena rasa nyeri dan sakit yang diderita saat arthritis menyerang, diperlukan strategi untuk mengendalikan rasa sakit ini, dari mengkonsumsi obat dokter, contohnya : (ibuprofen 1 tablet sehari/800 mg, naproxen 2 tablet perhari/500 mg, celebrex 1 tablet perhari/ 200 mg arthrotec 2 tablet perhari/75 mg, lodine LX 2 tablet per hari/400 mg) hingga menambah pengetahun diri mengenai arthritis, membuat support-group sesama penderita arthritis, menurunkan berat badan dan berolahraga, mengkonsumsi pengurang rasa sakit, seperti acetaminophen (panadol, excedrin, tylenol).
Beberapa obat arthritis yang bukan steroid : a.l: diclofenac potassium/cataflam, diclofenac sodium/voltaren, diclofenac sodium with misoprostol/arthotec, etodolac/lodine XL, ibuprofen/advil, motrin IB, ketoprofen/actron.
Dapat pula dioleskan salep/krim/lotion pengurang rasa sakit/analgesic pada bagian yang sakit/bengkak/meradang sesuai anjuran dokter atau petunjuk pemakaian.

Pengobatan Alternatif :

Selain pengobatan medis dokter, ada banyak alternatif pengobatan yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa sakit, peradangan, pembengkakan sendi.
Sama dengan semua pengobatan arthritis, diperlukan kehati-hatian dan ketelitian serta lebih baik bila mengkonsultasikan dengan dokter sebelum memulai mengkonsumsi atau menggunakan pengobatan alternatif, untuk melindungi diri dan mendapatkan pengobatan yang wholistik dan saling mendukung. Pengobatan alternatif tersebut, a.l:
  1. Akupunktur
  2. Aloe : Lidah Buaya : gel/lotion pengurang rasa sakit
  3. Alpukat dan ASU (Soybean Unsaponifies) pil dosis 300 mg perhari
  4. Ayurveda
  5. Aromaterapi
  6. BVT (Bee Venom Therapy) Terapi Sengatan Lebah, sebaiknya tes alergi dahulu, karena yang positif alergi racun lebah reaksinya sangat fatal (kematian dalam waktu singkat)
  7. Biofeedback
  8. Metode relaksasi dengan berbagai teknik relaksasi untuk mengatasi rasa sakit. Bisa diperoleh melalui bag.fisioterapi rumah sakit.
  9. Boron, dosis 1-3 mg per-hari bisa melalui suplemen
  10. Boswellia, nama lainnya frankincense dosis 150mg per-hari
  11. Breathing Technique, latihan bernafas dalam dengan pernafasan perut
  12. Cartilage -building Substances, dari chondroitin sulfate dan glucosamine, meskipun belum ada bukti pasti akan khasiatnya.
  13. Chinese Medicine, terapi ki (reiki),tai chi dan qi gong di samping akupunktur terbukti dapat mengatasi arthritis.
  14. Chiropractic Medicine, meskipun dapat mengurasi rasa sakit pada beberapa kasus arthritis, sebaiknya mereka dengan ankylosing spondylitis, oeteoporosis dan rheumatoid arthritis menghindari treatment chiropractic.
  15. Chondroitin Sulfate, supplemen 600 mg per-hari dikonsumsi bersama glucosamine memerlukan waktu sebulan konsumsi sampai terlihat efeknya.
  16. Collagen
  17. Copper Bracelet/GelangTembaga, ini juga belum ada bukti secara ilmiah bahwa tembaga dapat mengurangi rasa sakit akibat arthritis.
  18. DMSO (Dimethyl Sulfoxide), DMSO adalah semacam larutan yang dipakai di industri, yang seperti turpentine dijual di toko kesehatan sebagai obat untuk arthritis. Ada yang mempercayai bahwa DMSO ini dapat mengurangi bengkak dan rasa sakit bila dioleskan di daerah yang meradang. Di Amerika DMSO ini tidak diizinkan oleh FDA untuk digunakan pada manusia. Apalagi DMSO yang dijual di toko bangunan besar kemungkinanya untuk mengandung zat beracun. Tidak dianjurkan oleh ahli arthritis untuk menggunakan DSMO.
  19. Evening Primrose Oil, 1.8 gr GLA (gamma-linolenic acid)per-hari
  20. Fish Oil, 3 gr EPA-DHA (eicosapennntaenoic acid-docosahexaenoic acid)
  21. Flaxseed, dosis 1-3 sdm flaxseed oil atau ¼ cup flaxseed.
  22. Green Tea, 3-4 cup sehari
  23. Herbal Remedies, baik secara Timur/Barat, sebaiknya dihindari saat ingin hamil atau sedang hamil karena akan berpengaruh pada perkembangan bayi.
  24. Homeopathy
  25. Hypnosis, terbukti membantu mengatasi rasa sakit dan mengurangi stress.
  26. Journal Writing, membantu penderita mengatasi rasa sakit dan stress.
  27. Kava, dosis 140-240 mg perhari
  28. Massage, sebelum pijat beritahu pemijat agar memberikan pijat lembut, karena pijat yang terlalu keras akan semakin memperparah arthritis. Jangan pijat bagian yang meradang, sakit atau mengalami pembengkakan.
  29. Meditasi, sangat bermanfaat bagi penderita untuk menghadapi penyakit, rasa sakit, dan stress.
  30. Muscle Relaxation (peregangan otot)
  31. Naturopathic Medicine, lebih memfokuskan pada perubahan ke gaya hidup sehat
  32. Osteophatic Medicine
  33. Prayer, sangat bermanfaat dalam penyembuhan
  34. Relaxation Techniques
  35. SAM /SAMe(S-adenosylmethionine) dosis 200-400 mg 3 x sehari.Daripada mengkonsumsi supplemen, lebih baik mendapat dari asupan brokoli, sayuran hijau, lettuce dan dibantu dengan Vit B (folic acid dan Vit. B 12)
  36. Urtica, 50 gr stewed urtica atau 1,340 gr urtica dioica bubuk.
  37. Kunyit, 400 mg 3x sehari
  38. Visualisasi
  39. Willow Bark Tea 10 cup=2 tablet aspirin
  40. Zinc Supplement, 50 mg perhari.
Pengobatan arthritis yang dikonsumsi oral kesemuanya mempunyai efek samping, sehingga diperlukan control dan monitoring ketat dari dokter. Jangan sembarangan mengkonsumsi obat, atau mengobati diri sendiri tanpa petunjuk dokter. Resiko dari mengkonsumsi obat arthritis yang tidak termonitor sangat besar, terutama dapat merusak organ-organ lain di dalam tubuh, seperti ginjal, hati dan empedu. Sedapat mungkin banyak meminum air putih ketika sedang mengkonsumsi obat arthritis dan berhenti mengkonsumsi sesuai petunjuk dokter.
Bila menambahkan obat alternatif, konsultasikan pula dengan dokter untuk memastikan bahwa obat yang diterima tidak mempunyai efek yang bertentangan dengan obat yang diperoleh dari dokter.
Satu-satunya cara untuk dapat mengkontrol arthritis, adalah mengubah gaya hidup menjadi gaya hidup sehat, yang aktif, mempunyai pola makan sehat dan olahraga teratur, pengetahuan yang cukup, konsultasi dokter dan membuat grup support.
Referensi:
  1. Mayo Clinic," Mayo Clinic on Arthritis", Mayo Clinic, Rochester,1999.
  2. Rippe, James M, "The Joint Health Prescription : 8 weeks to stronger, healthier, younger joints". Rodale, Shrewsbury, 2001.
  3. Weinblatt, Michael L," The Arthritis Action Program : An Integrated Plan of Traditional and Complementary Therapies." Simon & Schuster, New York, 2000.

Komentar

  1. Halo teman,
    Posting yang bermanfaat bagi pengunjung yang mempunyai penyakit tsb.
    Terima kasih anda telah follow blog saya di Google Friend Connect. Sayapun sudah follow balik.

    multibrand.blogspot.com

    BalasHapus
  2. @H. Nizam:
    makasih mas... sesama blogger saling support aja.. :)

    Thanks mas...

    BalasHapus
  3. seingat ku mas e dulu programer, sekrang banting setir jadi dokter ya? apa Tabib?? apa dukun pengobatan alternatif??

    BalasHapus
  4. waah lengkap info nya, sangat manfaat...

    BalasHapus
  5. waah lengkap, sangat manfaat......

    BalasHapus
  6. @arie prastyo:

    hahhaa.. programmer buat hobby mas.. :D
    makasih udah mampir.. :)

    BalasHapus
  7. @Nanung Nung:

    mbak nanung ovj,,, makasih udah mampir,. :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Masukkan komentar anda....

Postingan populer dari blog ini

Daftar Harga Sewa Artis Indonesia

Kali ini ane mau bagi bagi informasi seputar artis, bingung juga mau ditaruh di kategori apa nih postingan. Soalnya sebelumnya lom pernah posting tentang artis.. hehehhee... Langsung aja nih... pasti temen temen semua udah sering banget menebak nebak berapa harga sewa artis di Indonesia... Daripada temen temen pada main tebak gak jelas... nih ane bagi bagi informasi Daftar Harga Sewa Artis Indonesia . Tapi nih sumber dari tahun 2010 lho...  hehehe... KATEGORI GROUP BAND Ungu : 400-500 Jt/ show (wah,lumayan nekad tuh,tapi penggemarnya banyak,okelah,pantes!) Peterpan : 350 Jt/ show (lagu-lagunya emank bagus sih,.) Nidji : 250 Jt/ show (salah satu pendatang baru yang sukses.baru beberapa taun,maksudnya..) Samsons : 90-100 Jt/ show (kayaknya udah mulai menurun nih..) Letto : 80-90 Jt/ show (sama ama samsons,saya sendiri sekarang jarang ngeliat letto..) Kangen Band : 75-80 Jt/ show The Rock : 70-75 Jt/ show (bagus sih,tapi sayangnya,kurang rock..gak sesuai ama namanya tuh

Causes, Symptoms & Treatment Disease Hemorrhoids / Haemorrhoid / Haemorrhoids - Anus On Human Disturbance

A. Meaning Definition Definition of Hemorrhoids / Haemorrhoid / Haemorrhoids Hemorrhoids is a disease that occurs in the anus where her lips had swollen anus that sometimes accompanied by bleeding. Haemorrhoid disease does not only give pain to the sufferer, but also provide a sense of self-conscious and embarrassed because of hemorrhoid disease. In patients with hemorrhoids are generally difficult to sit and defecate because it feels pain when the mouth rectum or anus sphinchter pressure. In patients with severe hemorrhoids are sometimes difficult to treat so that action can be given a surgical removal of hemorrhoids which can give side effects that are sometimes not good. Hence hemorrhoids should be aware and be well handled so easily cured. Do not ignore and underestimate the disease you suffered because of hemorrhoids that you can be made to suffer for life by hemorrhoids that are not addressed properly until the roots. Congratulations to read articles from organisasi.org hemorrhoi

SISTEM PEMUNGUTAN PAJAK

Pada dasarnya terdapat 3 ( tiga ) cara / system yang dipergunakan untuk menentukan siapa yang menghitung dan menetapkan jumlah pajak yang terutang oleh seseorang, yaitu : 1.      Official Assesment System Official Assesment System yaitu system pemungutan pajak yang menyatakan bahwa jumlah pajak yang terutang oleh wajib pajak dihitung dan ditetapkan oleh aparat pajak atau fiskus. Dalam system ini utang pajak timbul bila telah ada ketetapan pajak dari fiskus ( sesuai dengan ajaran formil tentang timbulnya utang pajak ). Jadi dalam hal ini wajib pajak bersifat pasif.